91-014
Dosen
gshusan@petra.ac.id
+6231 298 3465
P Building
Dosen

Dr. Gan Shu San, M.Sc.

Kecintaan saya pada matematika telah dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar. Karakter yang kurang suka mengingat detil membuat saya sulit menghafal, sehingga jatuh hati pada matematika. Selain itu, tantangan berpikir analitis dalam menyelesaikan soal juga menjadi daya tarik tersendiri. Inilah yang membawa saya masuk jurusan matematika pada studi S1 dan applied mathematics pada studi S2.


Setelah lulus S1 di ITS, saya menjadi dosen di Jurusan Teknik Mesin, UK Petra. Dalam pengelompokan bidang studi, saya memilih rumpun manufaktur, sehingga berinteraksi dengan rekan dosen yang menekuni proses dan sistem manufaktur. Fokus dan minat penelitian saya adalah dalam bidang optimasi matematis. Sistem manufaktur memiliki spektrum keilmuan yang cukup luas, mulai dari rekayasa mutu, manajemen industri, manajemen operasi dan lainnya.  Ternyata bidang manajemen operasi banyak melibatkan optimasi matematis. Karena itulah, untuk studi S3 saya memilih jurusan teknik industri ITS, dengan bidang peminatan logistik dan manajemen rantai pasok.

  • sejarah pendidikan
    (S1)
    (Dra.) Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
    Lulus:1991
    (S2)
    (M.Sc.) Michigan State University, Michigan – USA,
    Lulus:1994
    (S3)
    (Dr.) Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya,
    Lulus:2015
  • konsentrasi penelitian

    1.      Closed-loop supply chain

    Rantai pasok yang melibatkan kegiatan rantai pasok tradisional (forward) dan serangkaian kegiatan rantai pasok balik, seperti akuisisi produk bekas, reverse logistics, tes dan inspeksi, proses recovery (reuse, repair, remanufacturing, recycle) dan remarketing.

    2.      Business aspect in remanufacturing

    Remanufaktur adalah proses restorasi dari produk bekas menjadi produk yang seperti baru. Aspek bisnis yang menjadi area penelitian saya adalah penentuan harga.

    3.      Optimization

    Proses penentuan serangkaian variabel yang memenuhi satu set kendala dan memenuhi fungsi tujuan yang telah ditetapkan, misalnya memaksimalkan laba, meminimumkan biaya.