Dr. Ir. Ekadewi Anggraini Handoyo, M.Sc.
Ketua Program Studi / 91-021
email
ekadewi@peter.petra.ac.id
telepon kantor
+6231 298 3470
tempat kerja
P Building
jabatan
Dosen

pendidikan

  • S1 - (Ir.) Teknik Fisika – Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, (1991)
  • S2 - (M.Sc) Mechanical Engineering Dept. – Oklahoma State University, (1995)
  • S3 - (Dr.) Teknik Mesin – Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (2014)

biografi

Ekadewi Anggraini Handoyo lahir di Jember dan menempuh kuliah di jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya. Dia menyelesaikan studi S1 tersebut pada 1991. Dia mendapatkan Master of Science in Mechanical Engineering dari Oklahoma State Univeristy – USA pada akhir 1995. Gelar Doktor dari Teknik Mesin dia dapatkan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya pada awal 2014.

Beberapa mata kuliah yang diampu selama melayani di Program Studi Teknik Mesin – UK Petra adalah Fisika, Termodinamika, Perpindahan Panas, dan Sistem Pengkondisian Udara. Dia membimbing Tugas Akhir mahasiswa dalam bidang konversi energi, termasuk perancangan sistem tata udara (air conditioning), perancangan mesin pengering, kolektor surya, dan berbagai alat penukar panas (heat exchanger).


konsentrasi penelitian

1.       Perpindahan Panas (Heat Transfer)

Jika terdapat perbedaan temperatur dalam suatu benda atau antara benda dengan fluida di sekitarnya, maka terjadi perpindahan panas. Mekanisme perpindahan panas pada dasarnya ada tiga, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

2.       Kolektor surya (solar collector)

Energi radiasi dari matahari berlimpah di Indonesia. Energi radiasi ini dapat dikonversi menjadi listrik dalam sel surya dan juga dapat menjadi energi termal dalam kolektor surya.

3.       Sistem tata udara (air conditioning)

Dalam kehidupan sehari-hari, udara perlu dikondisikan untuk berbagai tempat yang mempunyai kebutuhan berbeda. Udara dalam perkantoran atau pertokoan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan udara untuk ruang operasi di rumah sakit atau industri kertas atau industri kain. Disain tata udara yang diperlukan juga meliputi disain saluran untuk mendistribusikan udara ke seluruh tempat yang hendak dikondisikan.