Troli Peti Jenazah

15 Mar 2021

Musim Penghujan, Teknik Mesin UK Petra Ciptakan Troli Peti Jenazah Dengan Roda “Tank”

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Surabaya, 10 Maret 2021-UK Petra

            Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya membuat dan menyerahkan Troli Peti Jenazah yang didesain khusus menggunakan roda “tank” menyesuaikan kebutuhan dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih-Surabaya.

“Karya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Teknik Mesin yang menghabiskan dana sekitar 15 juta rupiah. Untuk pembuatannya kami pun melakukannya di alumni kami yaitu di PT. Santo Indonesia”, ungkap Fandi D Suprianto, S.T., M.Sc., selaku ketua tim. Beranggotakan enam orang yaitu Fandi D Suprianto, S.T., M.Sc. (ketua tim), Yopi Y Tanoto, ST. M.T., Amelia, S.T., M.T., Ian H Siahaan, S.T., M.T., Ivan Christian dan Guntar Henjaya, karya yang pertama kali ada ini telah diserahan ke TPU Keputih pada hari Senin (8/3) yang lalu.

TPU Keputih, Surabaya memang merupakan salah satu lokasi yang dipersiapkan secara khusus untuk penguburan jenazah pasien Covid-19. Akan tetapi siapa sangka, di saat musim penghujan seperti saat ini menyulitkan kinerja para petugas penggali dan pengubur jenazah untuk mengusung peti jenazah dari ambulance menuju liang lahat. “Maka dari itu kami kemudian membuat alat bantu khusus ini, menyesuaikan kebutuhan yang ada di TPU Keputih. Menurut survei dan informasi dari DKRTH, sifat tanah di Keputih memang berbeda. Sifat tanahnya akan keras jika musim kemarau dan menjadi sangat becek dan berlumpur serta mudah ambles saat musim penghujan.”, tambah Yopi yang juga anggota tim.

Berikut link beritanya:

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5489940/troli-jenazah-beroda-tank-ini-mudahkan-pemakaman-jenazah-covid-19

https://www.superradio.id/inovasi-troli-peti-jenazah-dengan-roda-tank/#.YEoGBLzbcVY.whatsapp

https://m.kumparan.com/jatim-now/melihat-troli-peti-jenazah-korban-covid-19-karya-uk-petra-surabaya-1vKpaDbOwZb

http://share.babe.news/s/TrTeQZTNvR


Close previewer